Sarat Sejarah Mausoleum OG Khouw

Pewarta : Tim Redaksi | Editor : Nurul Ikhsan

JakartabisnisID, Jakarta – Masyarakat di Indonesia sangat kenal bahkan dekat dengan segala macam mistis. Salah satunya sebagian masyarakat menganggap makam-makam kuno diyakini kuat menyimpan mistis. Tak terkecuali saat berkunjung ke Mausoleum Oen Giok Khouw atau yang juga dikenal dengan Mausoleum OG Khouw yang terletak di daerah Petamburan, Jakarta Pusat.

Mausoleum OG Khouw merupakan makam yang terlihat mewah dan juga tergolong situs bersejarah. Orang yang bersemayam di Mausoleum ini adalah OG Khouw, yangmemiliki nama asli Khouw Oen Giok (1874-1927). Beliau merupakan seorang konglomerat asal Tiongkok yang lahir di Batavia pada tanggal 18 Maret 1874. Istri OG Khouw yaitu Lim Sha Nio dimakamkan juga di Mausoleum ini, dialah yang mendirikan Mausoleom megah ini untuk menyimpan abu sang suami.

Foto : travelingyuk.com

Di tengah pemakaman, berdiri suatu bangunan yang disebut Mausoleum,  Mausoleum merupakan bangunan megah nan kokoh berwarna hitam dengan pilar-pilar geranit yang menjadi pelindung makam. Selain itu terdapat pula patung yang didatangkan langsung dari Italia.

Seluruh bangunan Mausoleum OG Khouw dilapisi oleh granit dan marmer. Pembangunan ini mengabiskan dan sekitar US$250.000 atau setara 3.7 Milliar Rupiah.  Situs bersejarah ini banyak diminati oleh para pencinta heritage di Jakarta karena terdapat ruang penyimpanan abu kremasi tentara Jepang serta kuburan Yahudi. ***

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya