Jejak Serdadu di Pemakaman Menteng Pulo

Pewarta : Tim Redaksi | Editor : Nurul Ikhsan

JakartabisnisID, Jakarta – Cara mengenal dan menelusuri sejarah bisa dengan mengunjungi makam. Salah satunya mengunjungi Pemakaman Menteng Pulo yang terletak di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Berkunjung ke pemakaman ini tergolong berkesan, karena makamnya yang indah, rapi dan terawat.

Dikutip JakartabisnisID dari Jakarta Tourism, Pemakaman Menteng Pulo atau yang juga dikenal dengan Ereveld Menteng Pulo berdiri pada Tahun 1946 yang merupakan makam kehormatan Belanda yang bersejarah. Meskipun demikian,tidak hanya orang Belanda yang dimakamkan di sana. Terdapat pula makam orang Indonesia di tempat tersebut dan mayoritas merupakan prajurit. Dari 25 ribu korban diantaranya ada orang sipil dan tentara.

Foto : Jakarta Tourism

Apabila berkunjung ke tempat ini sobat wisata tidak perlu khawatir karena terdapat guide yang dapat memberikan informasi lengkap terkait sejarah dari makam. Waktu untuk berkunjung ke tempat pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Hal unik yang dapat sobat wisata temukan di sini, karena sobat wisata akan langsung dipandu oleh pemandu asal Belanda.  Keunikan lainnya disini ialah bentuk dari makam tersebut dimana setiap makam memiliki ciri khas masing-masing. Makam berbentuk salib untuk orang Belanda, makam kayu dengan tonjolan tiga untuk orang muslim, makam berbentuk bulat untuk orang Buddha dan bintang segi enam untuk orang Yahudi.

Cara Menuju Lokasi Makam

Makam ini terletak di Jalan Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan. Sobat wisata dapat menggunakan Bus TransJakarta untuk menuju lokasi.

Estimasi tarif: Pukul 05.00-07.00 WIB Rp2.000,00 dan Pukul 07.00-24.00 WIB Rp3.500,00. Naik Trans Jakarta dari Halte Blok M dengan rute Blok M – Stasiun Manggarai (Koridor 6M) dan turun tepat di Halte Departemen Kesehatan. Lanjutkan dengan menggunakan transportasi daring menuju lokasi (tarif berkisar Rp21.000,00 – Rp 25.000,00). Waktu operasional Bus Trans Jakarta: Setiap hari, 24 jam.

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya