PT Indomobil Multi Jasa Tbk Gelar RUPST Tahun Buku 2022

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Nuru Ikhsan

JakartabisnisID – Pada Senin 26 Juni 2023 PT Indomobil Multi Jasa Tbk, bertempat di Indomobil Tower, menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022.

Dalam RUPST tersebut antara lain memuat Persetujuan atas Laporan Tahunan Direksi mengenai keadaan dan jalannya usaha Perseroan untuk Tahun Buku 2022. Selanjutnya Pengesahan atas Perhitungan Tahunan (Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian dan Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain Konsolidasian) untuk Tahun Buku 2022, serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan.

RUPST juga menetapkan cadangan laba dan dividen yakni dengan menyisisihkan sebagai dana cadangan sebesar Rp100.000.000,- (seratus juta Rupiah) sesuai yang disyaratkan dalam ketentuan Pasal 70 ayat (1) Undang-Undang nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Selanjutnya menyisisihkan sebagai dividen tunai sebesar Rp4.327.162.500 (empat miliar tiga ratus dua puluh tujuh juta seratus enam puluh dua ribu lima ratus Rupiah).

Forum RUPST memutuskan pembayaran dividen tunai akan dilakukan dengan cara dikreditkan ke dalam rekening efek Perusahaan Efek atau Bank Kustodian di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia

RUPST menyetuji Penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit pembukuan Perseroan untuk Tahun Buku 2023, berikut penetapan persyaratan penunjukan tersebut, dan menetapkan kebijakan berkaitan dengan remunerasi anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan.

PT Indomobil Multi Jasa Tbk sendiri tergabung dalam Indomobil Group yang merupakan salah satu kelompok usaha terpadu di Indonesia yang bergerak di bidang otomotif dan bidang penunjang otomotif lainnya.

Perseroan adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembiayaan, jasa penyewaan kendaraan, logistik, perbengkelan dan pelatihan yang dijalankan melalui entitas anak dan entitas asosiasi, diantaranya PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI), PT Hino Finance Indonesia (HFI), PT Suzuki Finance Indonesia (SFI), PT CSM Corporatama (Indorent), PT Seino Indomobil Logistics (SIL), PT Indomobil Edukasi Utama (IEU), PT Indomobil Ekspres Truk (IET) dan PT Solusi Indomobil Perkasa (SIP).

Pada bulan Oktober 2022, entitas anak Perseroan, PT CSM Corporatama (Indorent) bekerja sama dengan PTS Investments, LLC dan Mitsui & Co., Ltd., membentuk usaha patungan dalam bidang penyewaan kendaraan komersial yaitu PT Indomobil Bussan Trucking (IBT) dan meluncurkan merek IndoPenske.

Pada tahun 2022, Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp4,83 triliun dimana kontribusi pendapatan Perseroan sebesar 58,76% berasal dari segmen sewa kendaraan dan bisnis terkait sedangkan 41,24% berasal dari segmen jasa keuangan. Laba bruto Perseroan tercatat mengalami peningkatan 41,85% menjadi Rp1,99 triliun. Sejalan dengan pertumbuhan laba bruto, laba bersih Perseroan tumbuh signifikan sebesar 213,43% menjadi Rp91,38 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Total aset Perseroan di tahun 2022 mencapai Rp26,93 triliun. Total ekuitas Perseroan pada tahun 2022 meningkat 16,09% menjadi Rp4,42 triliun.

By Adam Gumelar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya