Pentingnya Press Release dalam Bisnis dan Membangun Citra

Pewarta : Jamaludin Al Afghani  | Editor : Nurul Ikhsan

JakartabisnisID – Press release atau siaran pers salah satu cara efektif dalam menyampaikan pesan dan menjangkau khalayak. Ini dapat meningkatkan citra dan reputasi merek. Namun demikian, tidak banyak orang memahami pentingnya press release sebagai alat komunikasi bisnis atau organisasi.

Sebagian orang mungkin berpikir press release merupakan metode konvensional. Cara berkomunikasinya tidak lagi relevan pada zaman sekarang. Di tengah kemajuan teknologi digital, penggunaan media sosial dianggap lebih cepat, tepat dan alpa terhadap pentingnya press release dalam bisnis.

BACA JUGA : Growink Space, Kantor Terbaik di Sudirman dengan Vibe Jepang

Contoh pemasaran digital ini dapat Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika produk baru muncul, perusahaan melalui tim pemasaran berfokus untuk mempromosikannya di platform media sosial. Anda juga sering melihat para influencer mengiklankan produk tertentu dalam postingan mereka.

Strategi ini memang tepat untuk mendorong tingkat penjualan. Akan tetapi, perusahaan juga menghadapi tantangan. Biaya pemasaran yang dikeluarkan sangat besar.

Ketika dihadapkan pada persoalan tersebut, perlu sebuah solusi andal. Di sini, Anda dapat mengandalkan press release yang akan didistribusikan ke media massa.

Pentingnya press release tidak sebatas untuk promosi. Ini dapat membawa efek keberlanjutan pada bisnis Anda di masa mendatang. press release yang tampil di media massa memastikan bahwa individu, lembaga atau organisasi tetap diingat

BACA JUGA : Catat! Indoexim.id Tawarkan Cara Baru Memulai Bisnis Barang Impor

Mengapa Press Release Penting bagi Perusahaan?

Di era kemajuan teknologi digital,  press release tetap relevan dan dibutuhkan sebagai strategi dalam bisnis dengan menyampaikan pesan resmi perusahaan kepada khalayak. Anda perlu mengontrol informasi atas nama, produk atau jasa yang Anda miliki.

Jika Anda sering menerbitkan press release, maka kesadaran merek Anda tetap tinggi sebab wartawan akan mengingat Anda.

Tetapi, jumlah press release di Indonesia masih terlalu sedikit dibandingkan negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat. Perusahaan Amazon.com, misalnya, menerbitkan 10–13 press release setiap bulan. Angka ini belum tercapai di Indonesia.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, penjelasan berikut ini akan memberi tahun Anda manfaat press release  sebagai alat komunikasi .

Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Ketika wartawan mengambil dan mengolah press release sebagai berita, pembaca akan menemukan nama perusahaan Anda tampil di media massa. Cara ini membantu kredibilitas Anda terjaga baik di hadapan publik.

Pemberitaan di media massa memiliki efek jangka panjang pada pengenalan merek. Di samping itu, pemberitaan akan membantu perusahaan Anda lebih dikenal dengan persepsi positif.

Manfaat press release membuat kepercayaan terhadap merek meningkat. Perusahaan dapat mempertahankan reputasinya. Pada akhirnya, Anda akan memperoleh kepercayaan dari mitra bisnis yang ingin melakukan kerja sama.

Mengontrol Informasi kepada Publik

Informasi menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Lewat pencarian di internet, orang bisa menemukan apapun yang ingin mereka ketahui. Ini akan menjadi sebuah kemunduran jika ternyata publikasi nama, produk dan jasa Anda tidak banyak muncul di dunia maya.

press release menjadi salah satu sarana bagi masyarakat untuk memperoleh gambaran lengkap tentang perusahaan Anda. Sebaliknya, kurangnya press release akan berimbas kepada pengetahuan publik.

Ketika masyarakat tidak menemukan banyak informasi resmi tentang nama, produk, atau jasa yang Anda miliki di mesin pencarian internet, maka ini memberi pekerjaan besar untuk Anda di masa mendatang.

Konsekuensinya, masyarakat membangun persepsi masing-masing. Lama-kelamaan, ini berakibat pada munculnya bias informasi. Jika dibiarkan, hal tersebut dapat mempengaruhi pandangan pemangku kebijakan dan mitra bisnis Anda dalam mengambil keputusan.

Sebelum masalah ini terjadi, penting bagi Anda untuk mengenalkan sesuatu tentang bisnis Anda secara jelas, signifikan dan spesifik lewat press release.

Menghemat Biaya Pemasaran

Press release memiliki nilai iklan walau tidak disampaikan secara langsung. Ini menjadi strategi pemasaran dengan memanfaatkan publisitas di media massa secara gratis.

Efeknya, biaya periklanan dapat ditekan sedikit mungkin. Publikasi ke media massa mungkin terlihat sulit. Akan tetapi, selama Anda mampu menonjolkan pesan menarik, redaksi akan tertarik menggunakan informasi dari Anda.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya press release bagi perusahaan atau individu yang ingin membangun citra baiknya. Tentu saja, Anda perlu membangun strategi yang sama seperti pemasaran.

Anda perlu menampilkan konten yang lebih interaktif dan menarik di tengah ramainya informasi di platform digital. Dengan begitu, jurnalis akan tertarik pada press release Anda dan mengangkatnya sebagai pemberitaan. Dan di atas itu semua, Anda memiliki kendali penuh untuk mendorong orang memiliki persepsi sesuai tujuan Anda.

By Jamaludin Al Afghani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya