Ubah Fokus Bisnis, Localin Putuskan Pivot Kini Menjadi Moms & Babies Platform

Pewarta : Nurul Ikhsan | Editor : Nurul Ikhsan 

JakartabisnisID – Startup On-Demand City Apps, Localin mengumumkan perubahan fokus bisnis menjadi platform kebutuhan Ibu dan Anak sejak pandemi berlangsung pada Maret 2020. Sebelumnya perusahaan melayani pengguna menemukan layanan terdekat dan informasi lokal berbasis lokasi dalam bentuk aplikasi seperti hotel, cleaning service, berita lokal, dan sebagainya.

Chief Communication Officer Localin, Fakhriy Dinansyah menerangkan perusahaan mengalami kesulitan mengembangkan produk sejak persebaran Covid-19. Namun permintaan dari industri retail khususnya produk Ibu dan Anak mengalami kenaikan 314% trafik di berbagai e-commerce.

BACA JUGA : Rayakan 1 Tahun Beroperasi, Aplikasi Taniyuk Berhasil Ciptakan 800 Lebih Pahlawan Karet di 9 Lokasi

“Karena itu sejak akhir tahun 2021 kami fokus mengembangkan model bisnis supply chain untuk produk Ibu dan Anak,” kata Fakhriy.

Localin kini menjadi platform yang memberikan kemudahan bagi para ibu untuk membeli kebutuhan bayi dan balita baik secara ketersedian dan dekatnya lokasi pick-up store yang dekat dengan pembeli sehingga menghemat waktu dan biaya pengiriman. Saat ini, Localin melayani pembelian susu bubuk dan popok secara online melalui mobile web. Mulai 7 November 2022, Localin mengadakan promo soft launching agar para Moms bisa mendapatkan kebutuhan tersebut dengan lebih cepat dan lebih murah serta membuka pick-up store di kawasan Bintaro, Kota Tangerang Selatan.

BACA JUGA : Jelajah Wisata Jakarta dengan Transportasi Publik Makin Mudah Pakai GoTransit

“Fokus kami di Localin adalah dari sisi harga sangat kompetitif tapi menawarkan pengalaman belanja yang lebih simple,” jelas Fakhriy.

Dijelaskan Fakhriy, selama masa peluncuran atau soft launching, perusahaan yang mempunyai tagline #BisaDiandelin ini baru hadir dengan dua kategori produk. Dalam beberapa minggu ke depan, selain kategori produk susu bubuk dan popok, akan tersedia produk susu UHT, makanan pendamping ASI (MPASI), dan beragam produk perawatan bayi dengan varian serta merek yang lebih banyak.

“Model bisnis ini akan menjadi permanen, tentunya dengan berbagai upgrade lagi ke depannya. Misalnya bekerja sama dengan last-mile delivery service, agar bisa terus meningkatkan service level kami. Bekerja sama dengan berbagai toko untuk menjadi titik pick-up point terdekat. Dan juga menambah SKU sesuai dengan kebutuhan para Ibu dan Anak di Indonesia” tambah Fakhriy.

Localin kini merupakan salah satu portofolio di bawah Nakama.id. Sejak berdiri dua tahun lalu, perusahaan kini memilki advisor yang membantu dalam proses pengembangan model bisnis baru ini, yaitu Riki Rijadi dan Temmy Debora dari Nakama.id, Roly Mahendra yang merupakan punggawa supply chain bisnis retail di Indonesia, Wawan Hermawan dari Kadin DIY serta Muhammad Hafizh Ardianto yang merupakan pemain lama di dunia advertising di Jakarta.

Selain produk-produk yang ditawarkan saat ini, Localin akan hadir dalam bentuk platform komunitas dan e-commerce bagi para ibu di Indonesia dalam bentuk aplikasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan anak dengan pengalaman antar pengguna yang lebih terhubung lagi.

By Nurul Ikhsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya