RUPS Bukalapak Setujui Laporan Keuangan 2021 dan Realisasi Penggunaan Dana IPO

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

JakartabisnisID – PT Bukalapak.com, Tbk (“IDX:BUKA”) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (Rapat) yang dihadiri oleh Jajaran Direksi, Komisaris dan Pemegang Saham Perseroan, Jumat (24/6). Rapat dipimpin oleh Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen PT Bukalapak.com, Tbk., Bambang Brodjonegoro. Turut hadir di dalam Rapat, Zannuba Arifah (Yenny Wahid) selaku Komisaris Independen, Adi Sariaatmadja selaku Komisaris, Willix Halim selaku Direktur Utama, Teddy Oetomo selaku Direktur, Victor Lesmana selaku Direktur, serta Howard Gani selaku Direktur.

BACA JUGA : Periode Januari-Mei 2022, Semen Padang Ekspor Semen dan Klinker 416.379 MT

Dalam RUPS tersebut, sebagai agenda pertama, Perseroan meminta persetujuan atas Penyampaian dan persetujuan Laporan Keuangan Perseroan yang memuat Neraca dan Perhitungan Laba Rugi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

Selanjutnya laporan tahunan Perseroan dan laporan pertanggungjawaban Direksi Perseroan; serta laporan tugas pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dan memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et de charge) sepenuhnya kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, sepanjang tindakan-tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dan Laporan Tahunan Direksi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, di mana Bukalapak terus menunjukkan pertumbuhan yang positif, di antaranya ditunjukan oleh Total Processing Value (TPV) selama kuartal keempat tahun 2021 yang tumbuh sebesar 29% dan pada tahun 2021 tumbuh 44% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp 34.7 triliun pada kuartal keempat 2021 serta Rp 122.6 triliun sepanjang tahun 2021.

BACA JUGA : Semen Padang Raih 2 Penghargaan dari Kemnaker RI dan Gubernur

Margin Kontribusi terhadap pendapatan neto konsolidasian juga membaik menjadi (11%) di tahun 2021 dari (21%) untuk periode yang sama tahun 2020. EBITDA Yang Disesuaikan Perseroan meningkat 15% menjadi sekitar (Rp.1.4 triliun) per 31 Desember 2021 dari sebelumnya (1.6 triliun).

RUPS Perseroan juga menyetujui agenda kedua dan ketiga, yaitu penunjukkan serta penetapan Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik untuk melakukan audit atas laporan keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022, serta penetapan remunerasi bagi anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan untuk tahun 2022.

BACA JUGA : Menkominfo Kunjungi Pabrik Pintar Schneider Electric di Batam

Sedangkan untuk agenda keempat, Perseroan juga mengumumkan pelaporan realisasi penggunaan dana hasil IPO selama tahun buku 2021.  

“Ke depannya, Perseroan akan terus mengkaji potensi dan kesempatan baru yang tersedia serta melakukan inovasi yang dapat meningkatkan nilai dari Perseroan serta memberikan kontribusi positif bagi Perseroan dan kinerja operasionalnya. Dalam merealisasikan hal tersebut, tentunya manajemen akan senantiasa memperhatikan dan mematuhi peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku,” ujar Direktur PT Bukalapak.com, Tbk, Teddy Oetomo.

BACA JUGA : CIMB Niaga Jalin Sinergi dengan ICDX & ICH, Fasilitasi Perdagangan Emas Fisik Digital

Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Bukalapak, Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa Bukalapak berada di posisi keuangan yang baik untuk terus tumbuh secara berkelanjutan sebagai tech enabler yang dapat mendukung perkembangan serta memenuhi berbagai kebutuhan UMKM serta masyarakat di Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemegang saham PT Bukalapak.com, Tbk. atas kepercayaan dan dukungan kepada Perseroan hingga hari ini. Komitmen kami adalah terus berupaya mengembangkan dan menjaga pertumbuhan Bukalapak menjadi perusahaan teknologi yang senantiasa membawa dampak positif bagi berbagai aspek di tanah air,” ujarnya.

By Jamaludin Al Afghani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya