Sugeng Handoko Raih Humanity Award 2021: Kategori Kontribusi Kemanusiaan dalam Sektor Pembangunan

Pewarta : Irwan Adhi Husada | Editor : Nurul Ikhsan

JakartabisnisID – Human Initiative mengadakan Kongres Kemanusiaan Indonesia yang di dalamnya terdapat agenda Humanity Award. Penghargaan ini terbagi menjadi delapan kategori, Rabu (15/12/2021). Salah satunya terdapat Sugeng Handoko, Pemuda Penggerak Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta dalam kategori kontribusi kemanusiaan dalam sektor pembangunan.

Kemampuannya dalam melestarikan sekaligus mengembangkan tempat kelahirannya, Desa Nglanggeran, Yogyakarta dengan mengubah kebiasaan masyarakat setempat menjadi peduli lingkungan mendatangkan banyak manfaat. Seperti mengundang banyak wisatawan untuk datang ke Desa Nglanggeran misalnya.

Awalnya, warga setempat tidak ambil pusing untuk memikirkan bagaimana mengembangkan dan melestarikan Desa Nglanggeran. Hal ini karena tingkat urbanisasi di desa tersebut sangat tinggi. Para pemuda di sana banyak yang memilih untuk meninggalkan desa dan mencari kerja di kota. Oleh karena itu, Sugeng bertekad kuat untuk membuat perubahan berarti di Desa kelahirannya dengan mengubah daerah tersebut menjadi area ekowisata.

Kemudian, dengan bantuan dari rekan-rekannya, ia mulai merintis pariwisata berbasis lingkungan atau yang lebih populer dengan sebutan ekowisata. Untuk mengenalkan desa yang sedang dalam proses pembangunan itu, Sugeng dan teman-temannya juga mempromosikan keindahan alam Gunung Api Purba Nglanggeran. Termasuk hingga menyebarkan brosur ke sekolah.

Atas usahanya tersebut, Sugeng memenangkan banyak penghargaan. Mulai dari Penghargaan Culturepreneur Award 2016 hingga yang paling terbaru adalah Penghargaan Kategori Kontribusi Kemanusiaan dalam Sektor Pembangunan dalam Humanity Awards 2021 yang diberikan oleh Human Initiative.

Desa Nglanggeran yang ia kelola juga meraih beberapa penghargaan. Salah satunya, pada 2021 ini mewakili Indonesia dalam ajang Desa Wisata Terbaik atau Best Tourism Village dari organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

Sugeng berharap, ke depannya, ekowisata di Nglanggeran terus berkembang karena Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan bagian dari kawasan Geopark Gunung Sewu yang baru saja ditetapkan sebagai anggota Jaringan Taman Bumi Global (Global Geopark Network) oleh UNESCO.

By Irwan Adhi Husada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Menarik Lainnya