Pewarta : Irwan Adhi Husada | Editor : Nurul Ikhsan
JakartabisnisID, Jakarta – Kementerian Perdagangan bersama asosiasi pelaku usaha lisensi dan waralaba tengah mempersiapkan festival bisnis lisensi dan waralaba “BizFest 2021” yang akan digelar pada 7–13 Desember 2021. Festival bisnis lisensi dan waralaba ini menjadi cara untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.
BizFest 2021 diselenggarakan secara hibrida oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali), dan Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) serta didukung sepenuhnya oleh Kementerian Perdagangan.
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, Kementerian Perdagangan mendukung penuh penyelenggaraan BizFest 2021 yang nantinya akan digelar secara hibrida ini sebagai satu bagian dari Gerakan Nasional Ayo Berbisnis.
BACA JUGA : Kawasan Industri Halal Jadi Pondasi Global Halal Hub
“BizFest 2021 dapat mendorong peningkatan nilai investasi, peluang bisnis, dan nilai transaksi dalam negeri di sektor bisnis lisensi dan waralaba sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional. BizFest 2021 juga diharap dapat membuka lebih banyak peluang kerja karena semakin banyak pelaku usaha di bidang lisensi dan waralaba yang tercetak. BizFest sekaligus membuka jalan bagi calon pelaku usaha yang tertarik terjun ke bidang lisensi dan waralaba,” ungkap Oke dalam konferensi pers virtual hari ini, Rabu (1/12).
BizFest 2021, lanjut Oke, membuka peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam sektor ini, baik dalam bentuk lisensi maupun waralaba dengan memilih format mana yang lebih diminati. “Penting bagi pemerintah untuk mendorong peluang bisnis ini, dan kami harap masyarakat yang ingin berbisnis lisensi dan waralaba dapat mengikuti BizFest 2021,” kata Oke.
Turut hadir sebagai narasumber Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (Wali) Tri Raharjo, dan Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) Susanty Widjaya.
Ketua AFI Anang Sukandar menyampaikan, BizFest 2021 digagas sebagai sebuah gerakan untuk meningkatkan konsumsi domestik Indonesia dengan cara mendorong munculnya berbagai peluang usaha dan produk-produk unggulan. “Melalui BizFest 2021, kita mencoba mendorong peluang bisnis dan produk-produk yang akan menjadi usaha unggulan. Kita harapkan peluang-peluang bisnis dapat berkembang menjadi waralaba dan produk-produk unggulan diharapkan menjadi produk-produk berlisensi,” ungkap Anang.
Sementara itu, Ketua Umum Wali Tri Raharjo mengatakan, BizFest 2021 digagas dari keprihatinan terhadap sektor waralaba dan ritel yang terpukul pandemi Covid-19.
“Ketika terjadi pandemi, banyak bisnis lisensi dan waralaba yang turun performanya dari sisi pertumbuhan bisnis maupun transaksi. BizFest 2021 dan Gerakan Nasional Ayo Berbisnis ini diharap memiliki efek berganda untuk menumbuhkan industri waralaba dan lisensi agar pulih kembali,” kata Tri.
Ketua Asensi Susanty Widjaya mengatakan, masyarakat Indonesia harus tetap optimis dan semangat mencari peluang usaha baru di tengah pandemi Covid-19. Bisnis lisensi dan waralaba memiliki peluang besar bagi masyarakat yang berminat terjun menggelutinya saat ini.
“Dalam mencari peluang usaha baru, bisnis waralaba sudah mumpuni, sukses, dan terbukti. Konsep lisensi saat ini juga sedang hype (digandrungi), dan jenisnya macam-macam mulai dari bisnis pendidikan, kecantikan, hingga makanan dan minuman,” ungkap Susanty.